MENGAPA HARUS KULIAH....???

MENGAPA HARUS KULIAH....???
Oleh : Dr. Supriyadi, SE., M.Si

Lulus SMA haruskah kuliah..? Bukankah lebih baik cari kerja aja..? Toh sekarang lowongan kerja untuk lulusan SMA juga banyak.. Nggak buang waktu.. Nggak ngabisin biaya, malah dapat duit.. Nggak bikin beban dan nyusahin orang tua juga kan..

Tulisan ini tidak ingin mendebat dan menolak argument diatas. Adalah hak semua orang untuk menyampaikan pendapat dan persepsinya. Tentu saja sudut pandangnya berbeda-beda,
karena setiap opini dan statement yang disampaikan pasti ada latar belakangnya dan juga ada asumsi yang dijadikan dasar untuk membangun opini tersebut. Kami menghormati itu semua.

Dalam kesempatan ini, penulis hanya ingin mengungkapkan fakta berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan oleh tim peneliti dari BANDUNG BUSINESS SCHOOL. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengungkapkan sejauh mana pentingnya kuliah. Selain itu juga coba diungkapkan apa alasan seseorang untuk kuliah.

Dalam penelitian tersebut terungkap bahwa sebanyak 88,2% responden menyatakan bahwa kuliah itu sangat penting, 6,4% menyatakan tidak tahu, dan hanya 5,4% yang menyatakan tidak penting. Apa artinya..?? Hal ini menunjukan bahwa sebagian besar masyarakat berpendapat bahwa kuliah itu penting. Sehingga bagi lulusan SMA/sederajat sangat dianjurkan sebaiknya melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya alias kuliah.

Selanjutnya, dari hasil penelitian juga terungkap bahwa ada sejumlah alasan mengapa kuliah itu penting. Secara umum hasil penelitian mengelompokannya menjadi 5 (lima) alasan utama pentingnya kuliah. Berikut penjelasannya:

Pertama, tentu saja alasan ideal kuliah adalah untuk memperoleh dan meningkatkan keahlian skill sesuai dengan bidang atau jurusan yang diambil. Fakta menunjukan (meskipun tidak selalu) bahwa, secara umum lulusan perguruan tinggi mempunyai skill, wawasan berfikir, dan kemampuan kerja yang lebih baik. Kampus ditantang untuk dapat memenuhi harapan ini, yakni menyelenggarakan perkuliahan hingga terjadi transfer skill dan knowledge. Kampus juga harus mampu membuka wawasan dan cakrawala berfikir mahasiswa secara luas sehingga mampu berfikir holistic (menyeluruh).

Kedua, mencari bekal untuk memperoleh pekerjaan dengan posisi yang lebih layak dan lebih baik. Maksud dari kata lebih layak dan lebih baik adalah, dengan kuliah mereka berharap dapat bekerja dalam posisi pada tingkatan manajerial. Selain itu, maksud kata lebih baik juga terkandung makna bahwa dengan kuliah mereka kelak akan memperoleh gaji yang lebih tinggi. Hal ini cukup rasional, mengingat bahwa lowongan kerja yang tersedia untuk posisi-posisi manajerial selalu mensyaratkan level pendidikan yang lebih tinggi (D3/S1/S2). Secara umum faktanya juga kita ketahui, bahwa karyawan dengan level pendidikan yang lebih tinggi, selalu lebih dihargai dengan memperoleh gaji dan kompensasi yang lebih baik.

Ketiga, alasan tuntutan karir. Pada umumnya alasan ini dikemukakan oleh mereka yang telah bekerja. Ketika ada kesempatan untuk mendapatkan promosi jabatan, mereka merasa bahwa kebutuhan akan ijazah sarjana atau diploma mutlak 100%. Itulah sebabnya, banyak kalangan yang telah bekerja berusaha untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana atau diploma dengan menempuh perkuliahan di kelas karyawan. Disela-sela kesibukannya bekerja, mereka memaksakan diri kuliah demi karir dan masa depan yang lebih baik.

Keempat, alasan Minder dalam pergaulan. Pergaulan juga seringkali bersinggungan dengan background pendidikan seseorang. Ternyata ada juga beberapa kalangan yang minder bergaul hanya karena lingkungan pergaulannya berpendidikan lebih tinggi. Ini umumnya dialami oleh mereka yang aktif dalam komunitas tertentu seperti asosiasi bisnis, komunitas kegiatan kemasyarakatan, pegiat lingkungan dan social, politisi, ibu-ibu PKK, hingga kaum sosialita. Selain itu, kebutuhan akan status pendidikan tinggi juga dirasakan oleh mereka yang sering tampil sebagai public figure, misalnya artis, seniman, pemandu acara (MC), bahwa juga untuk seorang penceramah keagamaan dan pemimpin di masyarakat (RT, RW, termasuk juga Kepala Desa). Singkat kata, kebutuhan akan title kesarjanaan/diploma cukup signifikan diperlukan untuk mendongkrak rasa percaya diri, popularitas dan kepercayaan publik.

Kelima, alasan memanfaatkan waktu luang. Ini adalah memang alasan yang relative unik dan exclusive. Ada beberapa kategori untuk hal ini. Pertama, mereka yang masih menunggu waktu untuk sebuah rencana yang belum terelaisasi. Misalnya, sambil menunggu saatnya menikah, mengisi waktu luang karena suami kerja diluar kota, sambil menunggu mendapatkan pekerjaan baru, dan lainnya. Orang-orang yang kuliah dengan alasan ini adalah mereka yang mempunyai kemampuan finansial tinggi, mapan secara ekonomi, namun mempunyai waktu luang yang relative banyak. Umumnya mereka kuliah di kelas karyawan atau kelas eksekutif.

Apapun alasannya, ternyata kuliah itu PERLU ya sekali lagi SANGAT PERLU Oleh karena itu BANDUNG BUSINESS SCHOOL (STIE STEMBI dan AMIK HASS) siap menjawab kebutuhan anda untuk kuliah. Apapun alas an anda kami siap memfasilitasi.

Jika anda ingin memperoleh skill dan keahlian, BANDUNG BUSINESS SCHOOL akan memfasilitasi dengan memberikan perkuliahan melalui metode yang kreatif dan inovatif sehingga mampu yang mampu memberikan transfer skill, knowledge dan juga wawasan berfikir yang luas, membentuk karakter entrepreneur dan ahlakul karimah.

Jika anda ingin memperoleh pekerjaan yang lebih baik, BANDUNG BUSINESS SCHOOL menawarkan bukan hanya sebagai pekerja, tapi sebagai pencipta lapanga kerja. Sebagai pebisnis unggul yang penghasilannya tak terbatas.

Jika anda butuh tuntutan karir, BANDUNG BUSINESS SCHOOL merupakan pilihan bijak. Dengan kurikulum yang disusun secara efektif, memungkinkan mahasiswa lulus hanya dengan waktu yang reltif singkat. Hanya dengan waktu 3,5 tahun anda bisa memperluaeh titel SARJANA EKONOMI.. Berapa lama..? Ya.. 3,5 tahun saja.

Jika anda butuh kepercayaan diri, BANDUNG BUSINESS SCHOOL adalah tempat kuliah yang reputasinya tak diragukan lagi dengan peringkat akreditasi Baik Sekali (B) dari badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN_PT).

Jika anda hanya mengisi waktu luang, BANDUNG BUSINESS SCHOOL adalah pilihan tepat. Kenapa..? Lokasi kami yang berada ditengah kota memungkinkan anda dapat membagi waktu secara mudah. Waktu pribadi dapat diatur.. waktu ke kampus juga tidak akan mengganggu..

BANDUNG BUSINESS SCHOOL mencetak SDM yang mempunyai berbagai skill mumpuni melalui Program Pendidikan Jenjang S1/D3 guna menyongsong masa depan yang lebih baik.

Visi Bandung Business School adalah Menjadi Entrepreneur University yang mampu menciptakan Sumber Daya manusia yang berintelektual dan berahlakul karimah. Bandung Business School mencetak generasi yang berorientasi pada kemandirian, kreatif dan inovatif. Kami mempersiapkan lulusan untuk siap berkarya, bekerja, dan siap membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Institusi kami telah Terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B (Baik Sekali). Dengan demikian lulusannya sangat memenuhi syarat bagi yang ingin mengikuti seleksi Intansi pemerintah/BUMN/BUMD, karena biasanya syaratnya adalah Akreditasi Lembaganya minimal B.

Kami memberikan pilihan beberapa program studi yang juga telah terakreditasi oleh BAN-PT sebagai berikut:
  1. Manajemen S1 (Akreditasi Baik Sekali)
  2. Akuntansi S1 (Akreditasi Baik Sekali)
  3. Ekonomi Syariah S1 (dalam proses Akreditasi)
  4. Manajemen Perusahaan D3 (Akreditasi Baik)
  5. Akuntasi D3 (Akreditasi Baik Sekali)
  6. Informatika D3 (Akreditasi Baik)

Hubungi kontak pendaftaran melalui WA : 0818618611 Telp : 022.7307722 atau kunjungi web site kami : www.stembi.ac.id

#BANDUNG_BUSINESS_SCHOOL
#STIE_STEMBI_BANDUNG
#STEMBI_BANDUNG
#AMIKHASS_BANDUNG

Copyright © 2014 STIE-STEMBI Allright Reserved