TIPS KULIAH SAMBIL KERJA YANG PATUT DICOBA

TIPS KULIAH SAMBIL KERJA YANG PATUT DICOBA

Tips Kuliah Sambil Kerja Yang Patut di Coba


rnrn

Kalau biasanya hanya perlu berpikir bagaimana menyelesaikanrntugas di pekerjaan dengan baik, setelah memutuskan berkuliah, juga harusrnmengerti bahwa ada tanggung jawab lain, yaitu beban studi perkuliahan yangrnharus diselesaikan. Agar kuliah bisa lancar dan pekerjaan tidak terlantar,rnterapkan kiat-kiat berikut ini.

rnrn

rnrn

1. Komunikasikan dengan PerusahaanrnAnda Bekerja

rnrn

Hal pertamarnadalah komunikasikan pada perusahaan. Bisa lewat atasan atau langsung ke bagianrnkepegawaian (HRD) tempat Anda bekerja. Dengan mengomunikasikan ini, adarnkeuntungan tersendiri.Biasanya perusahaan akan mendukung dan bisa jadi Andarnmendapatkan dukungan maksimal dalam bentuk pembiayaan kuliah misalnya.

rnrn

Tentu saja akanrnada kompensasi yang dikehendaki pihak perusahaan. Kebanyakan dalam bentukrnpenambahan kontrak dan sejenisnya. Tapi, pada dasarnya, hal ini wajar sebagairnbentuk kerja samarnyang saling menguntungkan antara karyawan dan perusahaan.

rnrn

rnrn

2. Atur Waktu KuliahrnAnda

rnrn

Langkah berikutnya yang harus diperhatikan adalah jadwal. Janganrnsampai bertabrakan antara kebutuhan kerjarndan perkuliahan. Pilih kampus denganrnkelas karyawan yang bisa menyesuaikan dengan jadwal kerja, seperti misalnyarnpenyelenggaraan kuliah pada malam hari atau sejenisnya. Bila ada jadwal yangrnbentrok antara kuliah dan kerja, pastikan untuk sudah mengomunikasikan denganrnpihak-pihak terkait.

rnrn

rnrn

3. Pertimbangkan Beban BiayarnKuliah

rnrn

Pertimbangan biaya juga adalah pertimbangan yang penting. Janganrnsampai memangkas terlalu banyak kebutuhan dan akhirnya kebutuhan pribadi danrnkuliah jadi terbengkalai. Ada baiknya kalau bisa mendapatkan beasiswa darirnperusahaan atau dukungan finansial.

rnrn

rnrn

4. Jurusan yang Sesuai (Linear) dengan Profesi

rnrn

Pilih jurusan yang linear dengan profesi. Ini akan sangat baikrnkarena bisa menjadi dukungan dalam pengembangan karier anda. Selain itu,rnperusahaan juga akan melihat potensi sehingga Anda mendapat dukungan karierrnanda.

rnrn

rnrn

5. Jaga Performa Kerja, Kesehatan, dan Perkuliahan

rnrn

Seperti dikemukakan di awal, tanggung jawab akan jadi ganda,rnyang pastinya lebih berat. Tetapi, yang harus disadari adalah tak bolehrnmengurangi performa kerja atau mengganggu kesehatan. Jadi, pikirkanrnmatang-matang supaya distribusi kegiatan berjalan dengan baik dan semuarnmendapatkan porsi perhatian yang cukup.

rnrn

Copyright © 2014 STIE-STEMBI Allright Reserved