SKILL APA YANG PENTING DIKUASAI ...?

SKILL APA YANG PENTING DIKUASAI ...?


Oleh : Dr. Supriyadi, SE., M.Si




Dalam dunia bisnis dan dunia kerja yang saat ini makin penuh tuntutan, seseorang yang ingin berhasil meraih sukses harus memiliki keahlian (skill) yang lebih baik, dan senantiasa berusaha meningkatkan keahlian tersebut dan bahkan memperluas keahliannya ke bidang-bidang diluar pekerjaannya.



Riset Ilmu Manajemen menemukan bahwa ada 3 (tiga) keahlian utama yang harus dimiliki seseorang untuk sukses dalam bidang apapun, baik itu berkarir sebagai birokrat, pegawai di sebuah kantor, politisi, professional, guru, tentara, ataupun berwirausaha. Ketiga keahlian ini sangat dibutuhkan, terutama bagi mereka yang ingin menjadi Leader.. ya leader.., karena keahlian ini khusus bagi orang yang ingin memegang kendali manajerial.



Pertama, keahlian konseptual (conceptual skill). Keahlian ini merupakan kemampuan seseorang untuk berfikir dan memahami hal-hal yang abstrak. Dengan keahlian ini, seseorang dapat memandang bidang pekerjaan dan organisasinya dari perspektif yang luas, memahami hubungan-hubungan setiap elemen dalam organisasinya, serta dapat membaca trend dan gejala penting yang dapat mempengaruhi bisnis, pekerjaan dan organisasinya. Pendeknya, conceptual skill adalah kemampuan seseorang dalam menyusun, mengembangkan, dan melaksanakan sebuah ide dan konsep.



Keahlian konseptual paling banyak dibutuhkan bagi orang-orang yang berada dalam posisi TOP MANAJEMEN (Manajer Puncak). Sedikit orang yang mempunyai keahlian ini, karena keahlian ini bersifat abstrak dan dinamis. Conceptual skill dapat ditingkatkan melalui sebuah sistem pembelajaran yang holisti dan sistematik yang mengedepankan wawasan berfikir yang dikombinasikan dengan upaya mengasah kemampuan menyusun strategi.



Kedua, Keahlian interpersonal (Interpersonal skill). Istilah lainnya adalah kehalian hubungan antar-manusia atau sering juga disebut Human skill. Jenis keahlian ini adalah kemampuan seseorang untuk bekerja sama dengan orang lain, baik secara sendiri-sendiri maupun di dalam kelompok. Keahlian ini penting, karena pada dasarnya orang akan selalu berhubungan dengan orang lain.



Seseorang yang memiliki interpersonal skill mengetahhui cara berkomunikasi yang tepat (baik lisan maupun tulisan, termasuk dengan bahasa tubuh), mampu memotivasi orang lain, mampu memimpin, dan dapat membuat orang lain antusias, serta dapat membangkitkan kepercayaan. Selain itu, orang yang mempunyai interpersonal skill, akan menjadi pribadi yang menyenangkan, dapat membuat suasana menjadi fresh, dan mampu menghilangkan ketegangan.



Ketiga, Keahlian teknikal (technical skill). Ini adalah pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan secara khusus berkaitan dengan sebuah pekerjaan secara spesifik. Sebagai contoh, bagi seseorang yang menjalankan bisnis perbengkelan, dia harus mengatahui dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan bengkel. Seseorang yang bisnis kuliner, harus tahu cara membuat kuliner yang baik. Seorang yang berprofesi sebagai developer (pengembang) perumahan, tentunya harus tahu material bangunan yang baik, teknik pemasangannya, serta komposisi dan ukurannya. Pendek kata, technical skill berkaitan erat dengan hal-hal teknis sesuai dengan bidang pekerjaan tertentu.



Technical skill dapat ditingkatkan melalui pengalaman, kursus terstruktur, pemagangan serta praktek kerja secara langsung. Seringkali seseorang memiliki technical skill yang baik juga karena dukungan bakat (bawaan) dan pengaruh lingkungan. Sebagai contoh, seseorang yang berada dalam lingkungan pemusik, seringkali tertular sehingga memiliki kemampuan bermain music.



BANDUNG BUSINESS SCHOOL (STIE STEMBI dan AMIK HASS) siap memfasilitasi dan menjawab tantangan anda untuk mencetak SDM yang mempunyai berbagai skill mumpuni melalui Program Pendidikan Jenjang S1/D3 guna menyongsong masa depan yang lebih baik.



Visi Bandung Business School adalah Menjadi Entrepreneur University yang mampu menciptakan Sumber Daya manusia yang berintelektual dan berahlakul karimah. Bandung Business School mencetak generasi yang berorientasi pada kemandirian, kreatif dan inovatif. Kami mempersiapkan lulusan untuk siap berkarya, bekerja, dan siap membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.



Institusi kami telah Terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B (Baik Sekali). Dengan demikian lulusannya sangat memenuhi syarat bagi yang ingin mengikuti seleksi Intansi pemerintah/BUMN/BUMD, karena biasanya syaratnya adalah Akreditasi Lembaganya minimal B.



Kami memberikan pilihan beberapa program studi yang juga telah terakreditasi oleh BAN-PT sebagai berikut:


  1. Manajemen S1 (Akreditasi Baik Sekali)
  2. Akuntansi S1 (Akreditasi Baik Sekali)
  3. Ekonomi Syariah S1 (dalam proses Akreditasi)
  4. Manajemen Perusahaan D3 (Akreditasi Baik)
  5. Akuntasi D3 (Akreditasi Baik Sekali)
  6. Informatika D3 (Akreditasi Baik)


Hubungi kontak pendaftaran melalui :


WA : 0818618611


Telp : 022.7307722


Web site : www.stembi.ac.id




#BANDUNG_BUSINESS_SCHOOL


#STIE_STEMBI_BANDUNG


#AMIK_HASS_BANDUNG


Copyright © 2014 STIE-STEMBI Allright Reserved